ANALISIS PENY EBAB PENUNGGAKAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DI UNIT PELAYANAN PENDAPATAN DAERAH (UPPD) PONTIANAK WILAYAH II

CECEP SUPRIATNA B21109001

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Penyebab Penunggakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Pontianak Wilayah IIâ€. Berdasarkan judul ini penulis bermaksud untuk melihat berapa besar tingkat tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan kecenderungan yang mempengaruhi tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) untuk jenis kendaraan : A1, A2, B1,  B2, C1, C2, D dan E.

Metode yang digunakan pada jenis penelitian ini adalah metode deskriptif yang menggambarkan masalah-masalah berhubungan dengan tujuan penelitian seperti apa adanya, dengan mengumpulkan data dan menjelaskan data yang diperoleh dari Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Pontianak Wilayah II yang ditunjukan dengan data sebagai buktinya, dimana nantinya dapat disajikan secara sistematis, aktual dan akurat mengenai fakta yang ada guna pemecahan masalah. Sampel dalam penelitian ini adalah pemilik kendaraan bermotor yang menunggak pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) berjumlah 50 responden.

Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa kecenderungan yang mempengaruhi pemilik kendaraan bermotor menunggak pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Pontianak Wilayah II antara lain adalah pelayanan, rendahnya tingkat kesadaran wajib pajak, kurangnya pengetahuan mengenai pajak, tingkat pendapatan, kesulitan dalam melakukan pembayaran, jumlah tanggungan keluarga dan penghasilan tambahan..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.