ANALISIS PENGARUH TINGKAT INVESTASI, PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN TENAGA KERJA TERHADAP PDRB KALIMANTAN BARAT

Asep Kurniadi B01107088

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh tingkat investasi, pendapatan asli daerah dan tenaga kerja terhadap PDRB Kalimantan Barat

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif pada dasarnya menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data time series periode tahun 1998-2012.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda, dengan tingkat signifikan 5%.

Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa hubungan antara investasi dan PDRB tidak signifikan dan mempunyai arah negatif artinya tidak terdapat hubungan antara tingkat investasi dengan PDRB, korelasi antara PAD dan PDRB tidak signifikan  dan arahnya negatif artinya tidak terdapat hubungan antara PAD dengan PDRB dan  ada hubungan antara tenaga dengan PDRB, hal ini berarti semakin besar jumlah angkatan kerja yang bekerja merupakan gambaran kondisi dari lapangan kerja yang tersedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.