EFISIENSI PENGGUNAAN LISTRIK PASKA BAYAR DAN LISTRIK PRABAYAR PADA GOLONGAN R-1 (Studi Kasus Pada Pelanggan PT. PLN (persero) Wilayah Kalimantan Barat Area Pontianak Rayon Sei. Jawi Kecamatan Pontianak Barat)

Riena Pratiwi B01110089

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi dalam penggunaannya, apakah listrik paska bayar atau listrik prabayar dilihat dari sisi produsen dan konsumen.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan PT. PLN (Persero) di Kecamatan Pontianak Barat.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan listrik prabayar lebih efisien dibandingkan penggunaan listrik paska bayar karena pada listrik prabayar masyarakat dapat mengontrol penggunaannya sehingga biaya yang dikeluarkan juga tida terlalu banyak dibandingkan listik paska bayar. (2) Jumlah pendapatan, jumlah penghuni rumah dan jumlah barang elektronik yang digunakan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap penggunaan listrik, karena semakin banyak jumlah penghuni suatu rumah maka akan semakin tinggi pula biaya yang dikeluarkan.

Kata Kunci : listrik paska bayar, listrik prabayar, efisiensi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.