ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM RASKIN DI KECAMATAN PONTIANAK UTARA

AFIF REFFYANDI B21108037

Abstract


Program Raskin adalah program bantuan beras bersubsidi bagi masyarakat berpendapatan rendah dan merupakan bagian tak terpisahkan dari program ketahanan pangan. Program ini sebagai upaya meningkatkan akses dalam memenuhi hak dasar masyarakat miskin terhadap kebutuhan pangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dan efektivitas dari program Raskin, mengetahui apakah ada surplus konsumen yang diperoleh para rumah tangga penerima manfaat dari subsidi Raskin serta mengetahui kendala dan hambatan dalam pelaksanaan program Raskin dikelurahan Siantan Hulu.

Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data yaitu data primer dan data skunder, sedangkan tehnik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner dan wawancara langsung serta data dari instansi yang terkait. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang terdiri dari 68 laki-laki dan 32 perempuan.

Dari penelitian ini didapat hasil bahwa Evaluasi Program Raskin (beras untuk keluarga miskin) di kelurahan Siantan Hulu sudah berjalan dengan efektif. Dimana dengan tingkat keberhasilan rata-rata keseluruhan dari enam indikator program raskin sebesar 92,33% yang menunjukan lebih besar dari 80% sehingga dikatakan efektif. Indikator tepat sasaran sebesar 63%, tepat harga penjualan raskin Rp.1600,- per kilogram sebesar 100%, tepat jumlah dalam hitungan berat 15 kg per kepala keluarga sebesar 91%, tepat waktu dalam setiap pendistribusian sebesar 100% dan tepat administrasi penyaluran raskin sebesar 100% serta tepat kualitas beras raskin untuk dikonsumsi sebesar 100%. Dari penelitian juga diperoleh surplus bagi rumah tangga miskin sebesar Rp.61.650 per kepala keluarga yang membeli beras dengan harga yang lebih murah yaitu Rp.24.000 per 15 kg dengan harga Rp.1600 per kilogram dibandingkan harga pasar yaitu Rp.85.650 per 15 kg dengan harga Rp.5710 per kilogram.

Kata Kunci : Efektivitas Raskin, Surplus Konsumen, Subsidi Harga.

Full Text:

Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.