DAMPAK PINJAMAN YANG DIBERIKAN CREDIT UNION TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA ANGGOTA CREDIT UNION KHATULISTIWA BAKTI CABANG SUNGAI RAYA DI KABUPATEN KUBU RAYA

JAKARIANTO B21110010

Abstract


Judul penelitian dari skripsi ini adalah “ Dampak Pinjaman Yang Diberikan Credit Union Terhadap Pengembangan Usaha Anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti Cabang Sungai Raya Di Kabupaten Kubu Rayaâ€. Permasalahan dalam penelitian ini adalah†bagaimana Dampak Pinjaman Yang Diberikan Credit Union Terhadap Pengembangan Usaha Anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti Cabang Sungai Rayaâ€. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak pinjaman yang diberikan oleh Credit Union terhadap pengembangan usaha anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti Cabang Sungai Raya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif , yaitu metode yang menggambarkan situasi dan kondisi apa adanya yang terjadi dilapangan dengan data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel purposive random sampling dengan total responden 72 orang Anggota CU berprofesi pedagang kecil.

Hasil penelitian sebagian besar anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti Cabang Sungai Raya merasakan dampak yang nyata dari pinjaman kredit yang diberikan oleh pihak Credit Union Khatulistiwa Bakti Cabang Sungai Raya, dampak tersebut terlihat dari bertambahnya modal usaha, bertambahnya jumlah jenis barang,bertambahnya keuntungan meskipun sebagian besar tenaga kerja tidak bertambah dan tempat usaha mereka tidak berubah.

Kata Kunci : Pinjaman dan pengembangan usaha.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.