ANALISIS DAMPAK PERCERAIAN KELUARGA MISKIN DI DESA LINGGA TERHADAP SOSIAL EKONOMI KELUARGA

Irvan B01109055

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang gambaran dampak perceraian keluarga miskin terhadap sosial ekonomi keluarga, meliputi (1) Untuk mengetahui dan menganalisis dampak perceraian terhadap pendapatan keluarga (2) Untuk mengetahui dan menganalisis dampak perceraian terhadappengeluaran keluarga, dan (3) Untuk mengetahui dan menganalisis dampak perceraian terhadap anak putus sekolah.

Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh atau dampak perceraian dalam keluarga miskin (single parent) terhadap keadaan sosial ekonomi keluarga yang ada di Desa Lingga Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, meliputi pendapatan, pengeluaran konsumsi, dan anak putus sekolah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dilakukan secara langsung terhadap obyek yang diteliti, untuk mendapatkan data-data yang berkaitan dengan dampak perceraian keluarga miskin terhadap sosial ekonomi keluarga.Sumber  data penelitian ini adalah single parent akibat perceraian,  baik cerai mati maupun cerai hidup. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi yaitu penelitian yang menggambarkan permasalahan yang ada dilapangan kemudian di analisis dengan  data dan fakta yang ada.

Hasil observasi, wawancara dan analisis menunjukkan bahwa perceraian (single parent) dalam keluarga miskin di Desa Lingga berdampakterhadaptingkatpendapatan, pengelurankonsumsi,danjumlahanakputussekolah di DesaLinggaKecamatan Sungai Ambawang.

 

Kata Kunci :Dampak Perceraian Dalam Keluarga Miskin, Single Parent


Refbacks

  • There are currently no refbacks.