PENGARUH KREDIT BANK UMUM PADA SEKTOR JASA TERHADAP PDRB SEKTOR JASA DI KALIMANTAN BARAT (2004-2011)

Mariolet Yoan Ashari B01109093

Abstract


Penelitian ini berjudul : “Pengaruh Pemberian Kredit Bank Umum Pada Sektor Jasa Terhadap PDRB Sektor Jasa di Kalimantan Barat” Penelitian ini dilatar belakangi oleh pada saat ini di Kalimantan Barat sektor primer dan sekunder sudah berada pada posisi yang baik, maka dari pada posisi membaik itu pada sektor tersier khususnya pada sektor jasa ini lah yang harus di kembangkan agar terarah utuk berkembang ke depannya, karena pada sektor tersier ini meiliki potensi yang besar untuk berkembang dimasa yang akan datang. Sehingga dengan semakin tingginya jumlah kredit usaha yang diberikan oleh pihak perbankan kepada sektor jasa, maka menyebabkan peningkatan PDRB khususnya sektor jasa di Kalimantan Barat.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kredit yang disalurkan oleh bank persero, Bank Pembangunan Daerah dan Bank Swasta terhadap PDRB Sektor Jasa di Kalimantan Barat dengan periode analisis 2004-2011, data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan regresi multiple (berganda).

Hasil penelitian menunjukan bahwa persamaan regresi multiple dapat dituliskan Y = 703829.0 - 24.82014*KBP + 136.8299*KBPD + 30.91093*KBS + ei. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh hasil yang signifikan, baik itu Bank Persero. Bank Pembangunan Daerah serta Bank Swasta. Akan tetapi dari ketiga bank tersebut Bank Persero memberikan pengaruh negatif terhadap PDRB sektor jasa. Hal ini dapat dilihat dari uji koefisien R2 yang menunjukan bahwa pemberian kredit Bank Umum terhadap naik turunnya PDRB Sektor Jasa adalah sebesar 69,6% sedangkan 30,4% dipengaruhi faktor lain. Serta pada uji t menunjukan bahwa secara keseluruhan nilai probabilitas lebih kecil dari alpha yang berarti Ho ditolak, dan Ha diterima.

Kata Kunci : Pemberian Kredit Bank Umum dan PDRB Sektor Jasa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.