ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN FRONTLINER PADA PT BANK CENTRAL ASIA, Tbk. CABANG PONTIANAK

Serianty B31109048

Abstract


Perekonomian di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dari waktu ke waktu seiring dengan era globalisasi ekonomi yang dihadapi masyarakat dunia. Perusahaan yang siap berkompetisi hendaknya memiliki manajemen yang efektif. Agar tercipta manajemen yang efektif, diperlukan adanya dukungan karyawan yang kompeten di bidangnya dan memiliki komitmen terhadap perusahaan. Salah satu faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi adalah kepuasan kerja karyawan.

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa sangat berkepentingan dalam membina karyawannya karena keberhasilan perusahaan jasa dalam mencapai tujuan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan karyawannya dalam memberikan pelayanan. Apabila karyawan frontliner PT Bank Central Asia, Tbk Cabang Pontianak memiliki kepuasan kerja, maka karyawan tersebut akan lebih memiliki komitmen yang lebih besar pula terhadap perusahaan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional karyawan frontliner pada PT Bank Central Asia, Tbk. Cabang Pontianak. Penelitian ini menggunakan data kuesioner yang telah diisi responden. Seluruh populasi karyawan frontliner PT Bank Central Asia, Tbk. Cabang Pontianak menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS

Hasil penelitian membuktikan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi dengan tingkat keyakinan 95%. Besarnya tingkat keeratan hubungan antara kepuasan kerja dan komitmen organisasi karyawan frontliner PT Bank Central Asia, Tbk. Cabang Pontianak adalah sebesar 0,412.

 

Kata kunci: kepuasan kerja, komitmen organisasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.