PERAN KREDIT BPR BANK PASAR PADA PERKEMBANGAN UMKM DI KOTA PONTIANAK

NOVAN GANDHIAR B21106010

Abstract


Penelitian ini berjudul Peran Kredit BPR Bank Pasar pada Perkembangan UMKM di Kota Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kredit yang disalurkan oleh BPR Bank Pasar terhadap perkembangan usaha debitur usaha mikro, kecil dan menengah di kota Pontianak.

Penelitian ini memakai metode survey dengan memberikan quesioner kepada 100 objek responden yaitu para debitur usaha mikro, kecil dan menengah BPR Bank Pasar yang memiliki jenis usaha yang berbeda – beda tapi masih didalam ruang lingkup wilayah kota pontianak. Metode survey dipakai untuk mengetahui seberapa besar peran dari pinjaman modal yang diberikan terhadap kemajuan usaha yang mereka jalankan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pinjaman modal kerja yang diberikan oleh BPR Bank Pasar berperan positif terhadap perkembangan usaha pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Peran positif yang ditimbulkan dari pinjaman modal kerja ini dibuktikan dari peningkatan nilai omzet, pendapatan bersih dan jumlah konsumen perbulan jika dibandingkan dengan sebelum para debitur ini mendapatkan pinjaman modal.

 

Kata Kunci : omzet usaha, pendapatan usaha, jumlah konsumen

Refbacks

  • There are currently no refbacks.