PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura, Pontianak)
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura, Pontianak). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis besarnya pengaruh kreativitas dan motivasi terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan rumus slovin jumlah sampel yang diperoleh adalah 56 dari populasi yang ada sebanyak 125 siswa Program Studi Ekonomi Pembangunan angkatan 2015. Kemudian dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkun bahwa, pertama kreativitas berpengaruh positif dan tetapi tidak signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Hal ini dibuktikan bahwa variable kreativitas dengan thitung sebesar 0,207 dengan tingkat signifikansi 0,837. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak karena nilai thitung lebih kecil dari ttabel (0,207 ≤ 1,674) dan nilai signifikannya 0,837 ≥ 0,05. Kedua, tingkat motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Hal ini dibuktikan dengan thitung pada variable motivasi adalah sebesar 4,974 dengan tingkat signifikansi 0,000. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima karena nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu (4,974 ≥ 1,674) dan nilai signifikansinya 0,000 ≤ 0,05.
Kata Kunci : Kreativitas, Motivasi, Minat Berwirausaha.
RINGKASAN SKRIPSI
PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura, Pontianak) 1. Latar Belakang Kewirausahaan merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan daya saing bangsa, baik dari sisi kualitas maupun kuantitasnya. Meningkatnya jumlah wirausahawan yang unggul dalam kualitas membuat perekonomian suatu bangsa semakin sejahtera dan kuat. Persoalan perekonomian yang dihadapi bangsa ini setiap tahunnya adalah meningkatnya jumlah kebutuhan akan pekerjaan, untuk dapat menyesuaikan diri terhadap adanya perubahan perekonomian yang drastis tersebut, pemerintah membentuk sebuah usaha yang kemudian kita kenal dengan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). (Astarani & Yosica, 2015). 2. Rumusan Masalah a. Apakah kreativitas berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Ekonomi Pembangunan? b. Apakah motivasi berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Ekonomi Pembangunan ?
3. Tujuan Penelitian a. Untuk menganasilis pengaruh kreativitas terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Ekonomi Pembangunan dalam berwirausaha. b. Untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Ekonomi Pembangunan dalam berwirausaha.
4. Metode Penelitian a. Lokasi penelitian ini di Universitas Tanjungpura, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, khususnya pada jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan. b. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer merupakan data yang diperoleh dan didapatkan oleh peneliti secara langsung dari sumber datanya. c. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah pendekatan ilmiah terhadap pengambilan keputusan ekonomi. Pendekatan ini berangkat dari data.
5. Hasil dan Pembahasan a. Hipotesis pertama yang diajukan menyatakan bahwa “Kreativitas” (X1) berwirausaha berpengaruh tidak signifikan terhadap “Minat” (Y) mahasiswa dalam berwirausaha. Dari hasil penelitian ini, berarti ada fenomena yang terjadi di kalangan mahasiswa yang menyebabkan kreativitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa b. Hipotesis kedua yang diajukan menyatakan bahwa “Motivasi” (X2) berpengaruh signifikan terhadap “Minat” (Y) dalam berwirausaha. Dengan ditemukannya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dan minat berwirausaha serta hasil kecenderungan tersebut, maka dapat dikatakan bahwa semakin tinggi motivasi maka semakin tinggi pula minat mahasiswa dalam berwirausaha. Hal ini sesuai dengan kajian teori dan kerangka berpikir yang menyatakan bahwa motivasi mempunyai hungan dengan minat berwirausaha.
6. Kesimpulan dan Saran 1. Kesimpulan a. Kreativitas berpengaruh positive dan tidak signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada fenomena yang terjadi di kalangan mahasiswa yang menyebabkan kreativitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Mahasiswa memililiki pemikiran yang kreatif, tetapi kreativitas yang dimiliki mahasiswa tidak sesuai dengan permintaan pasar yang ada di FEB UNTAN. Hal ini dikarenakan tidak sesuainya penawaran terhadap permintaan. b. Motivasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Dengan ditemukannya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dan minat berwirausaha mahasiswa, maka dapat dikatakan bahwa semakin tinggi motivasi maka semakin tinggi pula minat mahasiswa dalam berwirausaha. Hal ini sesuai dengan kajian teori dan kerangka berpikir yang menyatakan bahwa motivasi mempunyai hungan dengan minat berwirausaha. 2. Saran a. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pengalaman berbisnis mahasiswa/responden masih cukup minim. Mahasiswa/responden membutuhkan sebuah program nyata tentang wirausaha untuk memacu motivasi dan kreativitas berwirausaha lebih lagi serta memiliki gambaran secara nyata tentang dunia bisnis yang sebenarnya. b. Perlunya diadakan sebuah event tahunan tentang wirausaha yang melibatkan para pelaku usaha, dimana didalamnya mahasiswa diberi kebebasan dalam berkreasi dan menuangkan ide mereka kedalam sebuah bisnis kecil agar mahasiswa memiliki gambaran yang lebih mendalam tentang dunia bisnis/wirausaha apabila kelak ingin menjadi seorang entrepreneur.
DAFTAR PUSTAKA
Deliarnov. (2005). Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Jakarta: PT – Raja Grafindo Persada.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbeit Universitas Diponegoro.
………….. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
………….. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
………….. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
………….. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati & Damodar. (2007). Dasar Ekonometrika. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kuncoro, M. (2011). Metode Kuantitatif. Yogyakarta: YKPN.
Masrukhin. (2004). Statistik Inferensial Aplikasi Program SPSS. Kudus: Media Ilmu Press.
Munandar, Utami. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rhineka Cipta.
Munandar, M. (2001). Budgeting.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.
Priyatno, D. (2008). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.
Rivai. (2007). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Siregar, S. (2010). Statistika Deskiptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2008). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryana (2006). Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat.
Sudjana. (2002). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sarjono, H & Julianita, H. (2011). SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Slamet, S. (2002). Kumpulan Bahan Kuliah Mata Kuliah Organisasi dan Kepemimpinan. Bogor: Instutute Pertanian Bogor.
Aidha Zuhrina. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Kesehata Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal JUMANTIK, Vol.1, No.1, Nopember 2016.
Astarani, J. Yosica. (2015). Persepsi Pemberi Modal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan UMKM (Kota Pontianak). JAAKFE, Desember 2015, Hal 99-133.
Budiati, Y. Yani, T. E., & Universari, N. (2012), Minat mahasiswa menjadi wirausaha (studi mahasiswa fakultas ekonomi universitas semarang). J. Dinamika SOSBUD, Volume 14, No. 1, Juni 2012: 89-101. ISSN 1410-9859.
Hapsah, R. & Savira, S. I. (2013). Hubungan Antara Self Efficacy Dan Kreativitas Dengan Minat Berwirausaha. Jurnal Psikologi Teori & Terapan. 2015, Vol. 5, N0. 2, 81-90, ISSN : 2087-1708.
Hastarini Dwi Atmanti. (2017). Kajian Teori Pemikiran Ekonomi Mazhab Klasik dan Relevansinya pada Perekonomian Indonesia. JEB 17, Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 511 – 524 Volume 2, Nomor 2, September 2017.
Kadarsih, R. Susulaningsih. Sumaryati, S. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jupe UNS, Vol. 2, No. 1, Agustus 2013, Hal 95-106.
Kusuma, A. I Gde, K, W. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa S1 FEB UNUD. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 1, 2016 : 678-705. ISSN : 2302-8912.
Mawarni, A. (2013). Faktor Penentu Minat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri: Studi Perbandingan Mahasiswa USU, UNIMED, dan IAIN. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Volume 5, No. 1, halaman 15-29.
Mopangga, H. (2014). Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Trikonomika, Volume 13, No. 1, Hal. 78-90. ISSN 1411-514X.
Prasetro, P, E. (2008). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran. Akmenika UPY, Volume 2.
Rosmiati. Junias, D. & Munawar. (2015). Sikap, Motivasi, Dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. JMK, Vol.17, No. 1, Maret 2015, 21-30. ISSN 1411-1438 print/ISSN 2338-8234 online.
Respatiningsih, H. (2011). Manajemen Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Manajemen dan Bisnis, No. 1, Januari 2011 – SEGMEN.
Sugiarto, M. Kusuma, H, I. Permana, T. (2015). Hubungan Antara Kreativitas Berwirausaha Dengan Minat Berwirausaha Perbengkelan Otomotof Siswa SMK. Jurnal of Mechanical Engineering Edication, Vol. 2, No. 2, Desember 2015, 226.
Setiawan, D. (2016). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan, Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. 2 Jurnal Profita Edisi 7 Tahun 2016.
Sukidjo. (2005). Peran Kewirausahaan Dalam Mengatasi Pengangguran di Indonesia. Jurnal Economi, Volume 1, No. 1, Agustus.
Slamet, F. Tanjungsari, K, H. Mei, L. (2014). Dasar-Dasar Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks.
Setyorini, D. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 7. No. 6.
Utari, T. Dewi, M, P. (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. E-Jurnal UNDIP, Volume 3, No. 12
Badan Pusat Statistik. (2017). Kalimantan Barat dalam Angka 2017. Pontianak: BPS.
Maskartini. (2017). Ada 108 Ribu UMKM di KalBar, Namun Masih Banyak yang tak Percaya Diri. http://pontianak.tribunnews.com/2017/02/26/ada-108-ribu-umkm-di-kalbar-namun-masih-banyak-yang-tak-percaya-diri.
Refbacks
- There are currently no refbacks.