“ Pengaruh Tingkat Kemiskinan, Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan Dan Sektor Kesehatan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Kalimantan Barat

Sutriyantoroni B01108010

Abstract


Pembangunan manusia merupakan sebuah proses pembangunan yang bertujuan agar mampu memiliki lebih banyak pilihan, khususnya dalam pendapatan, kesehatan, dan pendidikan. Salah satu tolok ukurnya dapat dilihat melalui Indeks Pembangunan Manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perkembangan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalimantan Barat pada tahun 1995-2011 dan menganalisis seberapa besar pengaruh kemiskinan, pengeluaran pemerintah sektor pendidikan dan sektor kesehatan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalimantan Barat.

Hasil penelitian menunjukan IPM mengalami peningkatan selama periode tahun 1995-2011 walaupun mengalami peningkatan yang lamban. Sedangkan hasil regresi panel menunjukan kemiskinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IPM. Pengeluaran pemerintah sektor Pendidikan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM dan pengeluaran pemerintah sektor kesehatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap IPM. Kesimpulannya bahwa perkembangan IPM mengalami peningkatan selama tahun 1995-2011, kemiskinan berpengaruh negatif, pengeluaran pemerintah sektor pendidikan berpengaruh positif dan pengeluaran pemerintah sektor kesehatan berpengaruh negatif.

Melalui penelitian ini disarankan agar dalam merencanakan kebijakan pemerintah tidak hanya melihat dari pencapaian target peningkatan pertumbuhan ekonomi saja namun juga target peningkatan pembangunan manusia karena pertumbuhan ekonomi sendiri belum memadai untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama pada aspek pendidikan, kesehatan dan pendapatan masyarakat.

 

Kata kunci : kemiskinan, pendidikan, kesehatan terhadap  IPM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.