ANALISIS POTENSI SEKTOR EKONOMI KABUPATEN SEKADAU Tahun 2007-2011

Smart Yonathan B01108052

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sektor unggulan di Kabupaten Sekadau yang menjadi sektor basis perekonomian serta mengetahui tipologi sektor unggulan perekonomian Kabupaten Sekadau berdasarkan pertumbuhan dan kontribusinya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan dan kejadian berdasarkan fakta serta data yang tersedia dan relevan dengan variabel penelitian. Data yang di gunakan adalah data sekunder yang bersifat time series (runtut waktu) yaitu data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Sekadau dan Propinsi Kalimantan Barat tahun 2007 hingga tahun 2011. Dalam penelitian ini digunakan model basis ekonomi yang tercermin pada analisis Location Quotient (LQ) yang dilengkapi dengan analisis Typologi Klassen yang berguna untuk mengetahui sektor-sektor unggulan dan potensi untuk diikembangkan di Kabupaten Sekadau.

Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode Location Quotient, sektor yang memiliki indeks LQ lebih besar dari satu dan merupakan sektor basis ekonomi adalah sektor Pertanian dan sektor Pertambangan dan penggalian. Hasil metode analisis Typologi Klassen menggunakan dua komponen yaitu pertumbuhan dan kontribusi, sektor yang memiliki pertumbuhan tinggi dan kontribusi hanya ada satu sektor saja yaitu sektor Perdaganggan, Hotel dan Restoran.

Kata kunci  : Tipologi Klassen, Location Quotient, PDRB, Sektor Unggulan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.