PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), RETURN ON ASSET (ROA), BANK TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI

Khomsatun B21108116

Abstract


Penelitian ini untuk menguji pengaruh Return On Equity ( ROE), Capital Adequacy Ratio ( CAR), dan Return On Asset ( ROA) bank terhadap harga saham perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia Tujuan dari penelitian ini ialah, untuk menganalisis apakah ada tidaknya pengaruh ROE, CAR dan ROA bank terhadap harga saham pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek Indonesia dan untuk mengetahui dari ketiga rasio keuangan tersebut manakah yang mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap harga saham perbankkan yang terdaftar dibursa efek Indonesia.

Metodologi dalam penelitian ini berbentukdeskriptif dan data tahun yang digunakan dalam penelitian dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2011, jenis data ini data sekunder, yakni menggali dan menggambarkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta yang sebenarnya, Model yang digunakan penelitian in regresi linear berganda panel data. Data diolah menggunakan E-Views 6.

Nilai hasil regresinya secara parsial, variabel Roe berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham, karena ROE = 0.8276 > 0.05. Dan Variabel Car berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, Karena CAR = 0.0322 < 0,05, Dan sedangkan variabel ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, karena ROA = 0.0302 < 0.05. Secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, dimana nilai prob (statistik), sebesar 0.000000 < 0.05.

Kata kunci :Return On Equity ( ROE), Capital Adequacy Ratio ( CAR ), Return On Asset ( ROA), Terhadap Harga Saham.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.