“ANALISIS PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN/KOTA DI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2007-2011”

Herry Gunawan B01106030

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (IPM) Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat tahun 2007-2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif  untuk melihat pengaruh variabel bebas (kesejahteraan masyarakat) terhadap variabel terikat (pengeluaran pemerintah) kabupaten/kota Kalimantan Barat tahun 2007-2011 yang kemudian di olah menggunakan menggunakan eviews 6 dengan model regresi linier/regresi sederhana serta alat analisis secara statistik yaitu Uji t dan koefisien determinasi guna mencapai suatu kesimpulan bahwa pengeluaran pemerintah berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat (IPM).

Dari hasil analisis diperoleh nilai konstanta (C) sebesar 62,96673, artinya jika pengeluaran pemerintah tidak mengalami perubahan atau tetap maka kesejahteraan masyarakat di Kabupaten/Kota provinsi Kalimantan Barat sebesar 62,96673%. Berdasarkan hasil regresi, diperoleh nilai t hitung untuk realisasi pengeluaran pemerintah sebesar 7,921816. Dengan melihat atau membandingkan nilai Probabilitas, dimana nilai Probabilitas faktor pengeluaran pemerintah adalah sebesar 0.0000 yang berarti nilai Probabilitas lebih kecil dari nilai α=0,05 (0.0000<0,05) yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara pengeluaran pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat (IPM).

Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R²) sebesar 0,920827 artinya besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel Pengeluaran Pemerintah terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten/Kota Kalimantan Barat sebesar 92.08% , sedangkan sisanya 7.92% adalah dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti di penelitian ini. Oleh karena itu Pemerintah bersama masyarakat hendaknya saling mendukung guna mendorong peningkatan IPM di Kalimantan Barat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.