ANALISIS SEKTORAL DAN PENGEMBANGAN SEKTOR POTENSIAL DI KABUPATEN KAPUAS HULU

Hasan Firdus B21111066

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sektor-sektor mana yang merupakan sektor basis dan potensial untuk dikembangkan sebagai penunjang perekonomian di Kabupaten Kapuas Hulu dan untuk memetakan sektor-sektor dalam PDRB berdasarkan pertumbuhan dan kontribusi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan data skunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Kapuas Hulu dan Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat, periode penelitian ini dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2011  dengan mengunakan alat analisis Location Quotient (LQ), Shift Share (SS) dan Klassen Tipology.

Hasil penelitian menunjukan bahwa sektor perekonomian yang merupakan sektor basis dan potensial untuk dikembangkan adalah sektor pertanian dan sektor bangunan, berdasarkan hasil pemetaan dengan menggunakan Klassen tipology bahwa tidak terdapat sektor perekonomian yang tergolong kedalam sektor yang maju dan tumbuh pesat. Sektor yang tergolong kedalam sektor yang maju tapi tertekan yaitu sektor pertanian dan sektor bangunan. Sektor yang tergolong kedalam sektor yang berkembang cepat (potensial) yaitu sektor listrik, gas dan air bersih dan sektor yang tergolong kedalam sektor yang relatif tertinggal yaitu sektor pertambangan dan penggalian, sektor industri pengolahan, sektor perdagangan, hotel dan restoran, sektor angkutan dan komunikasi, sektor keuangan, persewaan dan jasa perusahaan serta sektor jasa-jasa.

Kata Kunci : Sektoral dan pengembangan sektor potensial.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.