ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TANAMAN HIAS DI KOTA PONTIANAK

Hasbi Karya Fitra B21110060

Abstract


Penelitian ini berjudul analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan tanaman hias di kota Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan tanaman hias serta untuk mengetahui kendala perkembangan usaha tanaman hias di Kota Pontianak.

Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan analisis kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari konsumen tanaman hias di Kota Pontianak sejumlah 50 responden yang diambil secara kebetulan (accidental sampling). Instrumen kuesioner dan wawancara langsung merupakan teknik pengumpulan data.

Usaha tanaman hias merupakan usaha yang cukup menjanjikan, menurut pendapat responden bahwa faktor yang berpengaruh terhadap permintaan tanaman hias secara berturut-turut adalah pendapatan, harga tanaman, lokasi, cita rasa masyarakat, harga barang substitusi, dan ekspektasi keadaan dimasa yang akan datang.

Kendala dalam perkembangan usaha tanaman hias antara lain ; produksi tanaman hias yang terbatas, kurangnya permodalan usaha, pemasaran yang masih terbatas, perubahan harga yang tidak stabil, dan peran pemerintah yang belum maksimal. Sementara upaya yang dilakukan adalah produksi yang terbatas dilakukan dengan pengembangbiakan alternatif ; Penambahan modal secara mandiri dan menggunakan modal koperasi ; Pemasaran melalui jaringan keluarga dan pemberian label kemasan untuk Saprodi ; upaya kerjasama dengan instansi terkait ; Harga perlengkapan yang mahal tetap diusahakan dengan membuat dan berkreasi sendiri.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.