Pengaruh Penyaluran Zakat Produktif terhadap Kesejahteraan Mustahiq di Kota Pontianak

Muhammad Arifin B01112033

Abstract


Secara umum studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Zakat Produktif terhadap kesejahteraan mustahiq; sedangkan secara spesifik tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bentuk tata pengelolaan dana zakat yang dilakukan oleh lembaga terkait; 2) mengevaluasi ketepatan Mustahiq yang memperloleh bantuan zakat produktif; 3) untuk menguji dan menganalisa perbandingan pendapatan mustahiq sebelum dan sesudah mendapatkan zakat produktif.

Studi ini dilakukan di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat karena merupakan wilayah penyaluran zakat produktif yang terbesar yaitu pada tahun 2015 penyaluran zakat produktif mencapai 152 unit usaha dari 254 unit usaha. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey dengan mengambil sampel 61 rumah tangga mustahiq sebagai responden penelitian. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan dilengkapi dengan analisis kualitatif. Pendekatan kuantitatif yang digunakan adalah model komparatif, sementara pengolahan data dieksekusi dengan program SPSS versi 22.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa secara umum zakat produktif yang diberikan dalam bentuk bantuan modal usaha telah berdampak positif bagi kesejahteraan mustahiq; dengan kata lain bahwa bantuan modal usaha yang diberikan kepada para mustahiq, dapat meningkatkan kesejahteraan para mustahiq. Berdasarkan indikator kesejahteraan menurut BKKBN menunjukkan bahwa kesejahteraan bisa diraih oleh siapa saja tak perduli kaya atau miskin, termasuk para mustahiq. Hal ini selaras dengan kesejahteraan dalam pandangan Islam yang bersifat seimbang antara dimensi dunia dan akhirat, yang dicerminkan oleh kecukupan materi dan didukung oleh terpenuhinya kebutuhan spiritual dan bukan diukur dengan keberlimpahan materi yang dimiliki.

Kata kunci: zakat, produktif dan kesejahteraan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.