ANALISIS PENDAPATAN MASYARAKAT SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) BERBASIS SIMPAN PINJAM PEREMPUAN

Ihwan Saputra B01109095

Abstract


Analisis pendapatan masyarakat sebelum dan sesudah adanya program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) berbasis simpan pinjam perempuan merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan pendapatan masyarakat sebelum dan sesudah adanya PNPM berbasis simpan pinjam perempuan dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh PNPM Mandiri terhadap pendapatan masyarakat berbasis simpan pinjam perempuan di Desa Semparuk Kecamatan Semparuk Kabupaten Sambas. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan data yang terkumpul adalah data primer dari para pengguna PNPM Mandiri sebanyak 58 responden.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebelum adanya PNPM Mandiri pendapatan masyarakat yang berada dibawah Rp 1.000.000 sebesar 24,14% dan sisanya 75,86% berada pada pendapatan Rp 1.000.000 atau lebih. Sesudah adanya PNPM Mandiri, pendapatan masyarakat yang berada dibawah Rp 1.000.000 mengalami penurunan menjadi 5,18% dan sisanya sebesar 94,82% berada pada pendapatan Rp 1.000.000 atau lebih. Hal ini menunjukan adanya perkembangan pendapatan yang membaik dari sebelumnya. Selain itu, PNPM Mandiri berbasis simpan pinjam perempuan di Desa Semparuk memberikan pengaruh terhadap peningkatan pendapatan masyarakat sebesar 26,61% dari pendapatan sebelum adanya PNPM Mandiri dan sisanya sebesar 73,39% dipengaruhi variabel lain yang tidak dapat dimasukkan dalam model persamaan regresi.

Kata Kunci : Pendapatan, Program Nasioanal Pemberdayaan Masyarakat dan simpan pinjam perempuan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.