ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TV LED SAMSUNG DI PONTIANAK
Abstract
Judul dalam skripsi ini adalah “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Tv LED Samsung di Pontianak”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui faktor harga, promosi, distribusi, kualitas produk, budaya, sosial, dan pribadi terhadap permintaan TV LED Samsung di Pontianak. Serta untuk mengetahui kondisi ekonomi makro (daya beli, pertumbuhan penduduk, inflasi, pendapatan perkapita penduduk) terhadap permintaan TV LED Samsung.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode penelitian dengan memberikan gambaran serta fakta-fakta suatu keadaan dan objek penelitian yang ada di lapangan untuk memecahkan masalah dan melihat sejauh mana tingkat permintaan serta persepsi masyarakat Kota Pontianak terhadap TV LED Samsung.Sumber data yaitu data primer dan data skunder, sedangkan tehnik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner dan wawancara langsung serta data dari instansi yang terkait. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang merupakan konsumen pengguna TV LED Samsung di Kota Pontianak.
Dari penelitian ini dari hasil wawancara yaitu sebanyak 73% responden setuju bahwa terdapat perbedaan harga di setiap toko elektronik, tetapi tidak mengurangi minat mereka untuk membeli TV sesuai dengan keinginan mereka. Sedangkan pada promosi, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli suatu produk apabila diberikan hadiah secara langsung. Begitu juga hal nya dengan distribusi atau ketersediaan produk TV, karena apabila produk tersebut tidak tersedia maka konsumen akan beralih ke merk lain. Kualitas yang ada pada TV LED Samsung membuat konsumen tertarik untuk memiliki TV LED Samsung.
Pada faktor sosial dari hasil wawancara dimana sebanyak 36% responden tidak setuju mengenai penggunaan produk TV bermerk dapat membuat status seseorang menjadi tinggi. Sedangkan pada faktor budaya dan psikologis dari hasil wawancara sebanyak 89% responden setuju mengenai kebiasaan memilih TV dengan kualitas gambar yang bagus pada saat menyajikan atau menayangkan informasi, sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli TV LED Samsung yang memiliki kualitas gambar yang baik. Dari hasil wawancara juga dapat disimpulkan bahwa sebanyak 76% responden setuju dengan adanya keinginan dari diri konsumen untuk memiliki TV serta sebanyak 67% responden setuju dengan pernyataan adanya persepsi dari lingkungan sekitar yang menyatakan bahwa TV LED Samsung bagus, menimbulkan keinginan untuk membeli.
Kata kunci: faktor harga, promosi, distribusi, kualitas produk, sosial, budaya dan psikologis serta persepsi masyarakat terhadap permintaan TV LED Samsung
Refbacks
- There are currently no refbacks.