ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA, PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DAN PENGANGGURAN TERHADAP PENDUDUK MISKIN DI KALIMANTAN BARAT

MUHAMAD TOYIB B01110111

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Kualitas Sumber Daya Manusia, Produktivitas Tenaga Kerja Dan Pengangguran Terhadap Penduduk Miskin di Kalimantan Barat”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisispengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Kualitas Sumber Daya Manusia, Produktivitas Tenaga Kerja Dan Pengangguran Terhadap Penduduk Miskin di Kalimantan Barat.

Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan mengunakan data panel (cross section dan time series) dengan pendekatanRandom effect model. Observasi data sebanyak 70 pada 14 Kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat selama periode 2008 sampai 2012.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pertumbuhan ekonomi yang di ukur dengan pendekatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) berpengaruh positif dan tidak signifikan, Kualitas Sumber daya Manusia yang di ukur dengan pendekatan Indeks Pembangunan manusia (IPM) berpengaruh positif dan signifikan, produktivitas tenaga kerja yang di ukur dengan pendekatan PDRB per kapita berpengaruh negatif dan signifikan, pengangguran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di Kalimantan Barat.

Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Kualitas Sumber Daya Manusia, Produktivitas Tenaga kerja, Pengangguran dan Penduduk Miskin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.