Analisis Pengaruh Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Kualitas Pengungkapan Sustainability Report (Studi Empiris Pada Perusahaan Di Indonesia Periode Tahun 2011-2012)

Abdul Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor karakteristik Good Corporate Governance (GCG) dalam perusahaan yang dapat mempengaruhi kualitas pengungkapan laporan keberlanjutan/ Sustainability Report (SR) pada Laporan keberlanjutan atau Sustainability Report perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Faktor-faktor karakteristik Good Corporate Governance yang digunakan antara lain ukuran Dewan Komisaris, proporsi Komisaris Independen, ukuran Komite Audit, kepemilikan saham manajerial, kepemilikan saham institusional, kepemilikan saham terkonsentrasi, dan ukuran perusahaan.

Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan di Indonesia yang telah menerbitkan laporan keberlanjutan pada tahun 2011 hingga 2012. Total sampel penelitian adalah 15 perusahaan yang ditentukan melalui purposive sampling. Penelitian ini menganalisis pada laporan tahunan perusahaan dengan metode Content analysis. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap kualitas pengungkapan SR di Indonesia, sedangkan ukuran Dewan Komisaris, proporsi Komisaris Independen, ukuran Komite Audit, kepemilikan saham institusional, kepemilikan saham terkonsentrasi, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kualiatas pengungkapan SR di Indonesia.

Kata kunci: Sustainability Report (SR), Laporan Keberlanjutan, Karakteristik Mekanisme pengawasan dalam GCG, Dewan Komisaris, Komite Audit, Struktur kepemilikan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.