Analisis Pengaruh Peranan Badan Pengawas, Aktivitas Pengendalian, Dan Sistem Kompensasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Pada Koperasi di Kota Pontianak)

Juanda Astarani Adelsi Angelita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh peranan badan pengawas, aktivitas pengendalian dan sistem kompensasi terhadap adanya kecenderungan kecurangan akuntansi. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh toyibatun (2006). Hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa pengaruh peranan badan pengawas, aktivitas pengendalian dan sistem kompensasi berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi,

Penelitian ini dilakukan pada Koperasi di kota Pontianak. Adapun responden pada penelitian ini ditetapkan sebanyak 50 (lima puluh) koperasi. Sampel diperoleh secara random sampling. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dengan melihat jawaban  responden melalui kuesioner, kemudian data dianalisis dengan analisis regresi berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya faktor Peranan Badan Pengawas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi, sedangkan faktor Aktivitas Pengendalian dan Sistem Kompensasi berpengaruh poitif dan tidak signifikan mempengaruhi adanya kecenderungan kecurangan akuntansi secara signifikan.

Kata kunci : badan pengawas, aktivitas pengendalian, sistem kompensasi, kecenderungan kecuranngan akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.