Penggunaan Technology Acceptance Model dalam mengetahui tingkat Penggunaan Informasi Akuntansi pada UKM di Kota Pontianak

Juanda Astarani

Abstract


UKM (Usaha Kecil dan Menengah) pada saat krisis ekonomi tahun 1998 dipercaya sebagai tonggak ekonomi yang membantu Indonesia melewati krisis saat itu. Walaupun UKM dianggap sebagai komponen penting perekonomian Negara ini, tetapi masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh UKM, terutama terkait kemampuan manajemen UKM. Salah satu penunjang proses manajemen di UKM adalah kemampuan untuk mengunakan informasi akuntansi. Informasi akuntansi sendiri adalah hasil dari proses Akuntansi yang memerlukan pengetahuan untuk memahaminya.

Penelitian ini menggunakan model TAM dengan variabel independen mengambil variabel Persepsi atas Manfaat Akuntansi dari model TAM dan menambahkan variabel independen Pengetahuan Akuntansi. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 UKM yang dipilih secara acak.

Hasil penelitian menunjukkan persepsi Manfaat Akuntansi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi, dan  pengetahuan akuntansi tidak berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi.

Keywords: Persepsi Manfaat Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Penggunaan Informasi Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.