Analisis Pengaruh Kriteria Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Sub-Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Margaretha Dita Utari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kriteria Good Corporate Governance (GCG) terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan sub-sektor farmasi yang terdaftar di BEI serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan untuk melakukan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Ukuran kriteria Corporate Governance dalam penelitian ini terdiri dari ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, ukuran komite audit, kepemilikan saham asing, dan ukuran perusahaan. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel Good Corporate Governance (GCG) berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan sub-sektor farmasi yang terdaftar di BEI. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang menghasilkan kriteria Corporate Governance yang terdiri dari ukuran dewan komisaris berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan sub-sektor farmasi yang terdaftar di BEI. Sedangkan proporsi komisaris independen, ukuran komite audit, kepemilikan saham asing, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan sub-sektor farmasi yang terdaftar di BEI.

 

Kata Kunci : Good Corporate Governance (GCG), ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, ukuran komite audit, kepemilikan saham asing, ukuran perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)