Pengaruh Konservatisme Akuntansi Terhadap Nilai Perusahaan Dimoderasi Oleh Good Corporate Governance (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Retail Trade yang Listing di Bursa Efek Indonesia)

Florensia Jusny

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh konservatisme akuntansi terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh good corporate governance melalui ukuran dewan komisaris, komisaris independen, komite audit, dan kualitas audit. Penelitian ini merupakan penelitian analisis regresi ekonometrika. Terdapat 15 sampel perusahaan retail trade yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012 yang terpilih melalui metode purposive sampling. Adapun metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Hasil uji determinasi menunjukkan R-squared nilai perusahaan dapat dijelaskan 20.5% oleh konservatisme akuntansi. Hasil uji-F menunjukkan bahwa variabel independen tidak berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan uji-t ditemukan bahwa variabel komite audit sebagai elemen dari good corporate governance berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan tidak ditemukan adanya pengaruh signifikan dari variabel konservatisme akuntansi, ukuran dewan komisaris, komisaris independen, dan kualitas audit, serta tidak ditemukan efek moderasi dari good corporate governance terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci : nilai perusahaan, konservatisme akuntansi, good corporate governance, ukuran dewan komisaris, komisaris independen, komite audit, kualitas audit


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)