Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tipe Kepemilikan, Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Luas Pengungkapan Laporan Tahunan Perusahaan Tambang yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2012

Analisa Rosiah Saragih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah memberi gambaran tentang luas praktek pengungkapan pada laporan keuangan tahunan yang dilakukan oleh perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) dan mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, tipe kepemilkan, profitabilitas dan likuiditas) terhadap luas pengungkapan laporan keuangan tahunan pada periode 2010-2012 tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan sektor pertambangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Pada periode tersebut diketahui bahwa jumlah perusahaan sektor pertambangan yang tercatat adalah 38 perusahaan. Sebanyak 17 perusahaan menjadi sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis regresi berganda bahwa variabel bebas ukuran perusahaan, tipe kepemilikan profitabilitas dan likuiditas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap luas pengungkapan laporan keuangan tahunan perusahaan yaitu sebesar 24% sedangkan 66 % dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar model.

 

Kata kunci : Luas pengungkapan laporan keuangan tahunan, Ukuran perusahaan, Tipe kepemilkan, Profitabilitas, Likuiditas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)