Pengaruh Book-Tax Differences Terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan yang Terdaftar Di Indeks LQ-45

Nia Daniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empiris pengaruh book-tax differences terhadap pertumbuhan laba. Pertumbuhan laba diukur menggunakan perubahan laba bersih setelah pajak. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perbedaan temporer dan perbedaan tetap, sedangkan variabel dependennya adalah pertumbuhan laba satu periode ke depan.

Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website IDX. Sampel penelitiannya adalah perusahaan yang terdaftar di indeks LQ-45 dengan periode penelitian tahun 2009-2011. Data dikumpulkan dengan metode purposive sampling. Adapun sampel yang digunakan adalah 15 perusahaan. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda untuk analisis data dan pengujian hipotesis.

Hasil penelitian menemukan bahwa perbedaan permanen berpengaruh positif terhadap pertumbuhan laba. Perbedaan temporer memiliki hubungan positif dengan pertumbuhan laba. Total book-tax differences berpengaruh secara positif signifikan terhadap pertumbuhan laba.

 

Kata kunci : perbedaan temporer, perbedaan tetap, total book-tax differences, pertumbuhan laba


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.