Layanan Bahasa bagi Mahasiswa Studi kelayakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura

Sudarsono Sudarsono

Abstract


Pencapaian bagi mahasiswa tidak hanya melibatkan pelaksanaan tes kemampuan atau ketrampilan tetapi juga harus melibatkan pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini akan meneliti kepentingan mahasiswa untuk  mampu mencapai kemajuan dalam kemampuan dan ketrampilan bahasa Inggris minimal seperti yang telah ditentukan oleh lembaga. Penelitian ini adalah deskriptif yang datanya diperoleh dari mahasiswa Semester 5 dan 7 di lingkungan FKIP Universitas. Sampel respondennya diambil secara acak untuk mewakili seluruh jurusan di FKIP. Datanya dianalisis untuk mendapatkan nilai rerata skala dari pilihan responden terhadap pilihan yang disediakan dalam kuesiner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa sangat menyetujui layanan kebahasaan untuk dikelola oleh ULB dan dilaksanakan di FKIP. Mereka juga sangat setuju dengan program pelatihan dan tes yang dirancang oleh ULB.

 


Keywords


kelayakan, layanan bahasa, pembelajaran, tes

Full Text:

PDF

References


Brown, H. D. (2000). Principles of Language Learning and Teaching, Fourth Edition. New York: Addision Wesley Longman.

Nugroho, A. (1996). Buku Panduan Manajemen Pusat Bahasa. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Sang, M. S. (2010). Teks Lengkap P.T.K. Bahagian II (B) Kompetensi Fungsional (Khusus Mata Pelajaran). Puchong: Penerbitan Multimedia SDN, BHD.

Schmitt, N. (2010). Introduction to Applied Linguistics. Third Edition. London : Hodder Education.

UU No 24 Tahun 2009 . (n.d.). tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
ICoTE Proceedings is licensed under a Creative Commons Attribution
NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
.

View My Stats