PENGARUH KOMUNIKASI DAN MOTIVASI TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN DI PT. PERTAMINA MARKETING OPERATION REGION 6 KALIMANTAN CABANG PONTIANAK
Abstract
Dalam organisasi mencapai keharmonisan dan tujuan yang diharapkan dengan segala prosesnya membutuhkan komunikasi. Melalui komunikasi maka dapat memberikan arahan dan pemahaman kepada karyawan tentang pekerjaan yang menumbuhkan rasa tanggungjawab pada diri sendiri dan pada waktu yang sama dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Selain itu, karyawan memerlukan motivasi baik dari dalam diri sendiri maupun dari perusahaan. Dengan demikian semakin tinggi rasa termotivasi semakin tinggi pula tingkat semangat kerjanya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan motivasi terhadap semangat kerja karyawan di PT. Pertamina marketing operation region 6 Kalimantan cabang Pontianak.
Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pertamina marketing operation region 6 Kalimantan cabang Pontianak yaitu berjumlah 51 orang. Sedangkan, sampel yang diambil 51 orang, maka disebut penelitian populasi atau disebut dengan metode sampling jenuh. Alat analisis yang digunakan regresi linear berganda dan pengujian hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi dan motivasi terhadap semangat kerja karyawan. Nilai Koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,479, artinya bahwa variabel semangat kerja karyawan dapat dipengaruhi oleh variabel komunikasi dan variabel motivasi sebesar 47,90%, sedangkan sisanya sebesar 52,10% merupakan kontribusi variabel independen lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Komunikasi, Motivasi, Semangat Kerja
Refbacks
- There are currently no refbacks.