ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN AKTIFITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA INDUSTRI PERHOTELAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Thomas Bun B31112125

Abstract


Prospek perhotelan pada tahun 2014 diperkirakan masih cerah, karena jasa perhotelan masih menjadi sektor utama pendapatan indstri pariwisata nasional, Bisnis perhotelan merupakan investasi yang sangat tinggi sehingga seluruh sumber daya perusahaan harus digerakkan untuk memperoleh profitabilitas. Modal kerja merupakan bagian dari sumber daya yang dapat berdampak langsung pada profit perusahaan. Dalam meningkatkan efisiensi perusahaan untuk menghasilkan keuntungan yang diharapkan, investor dapat melihat dari sisi pengaruh modal kerja yang dimiliki perusahaan terhadap profitabilitas. Semakin efisien modal kerja yang digunakan perusahaan, maka semakin tinggi profitabilitas yang dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan modal kerja yang terdiri dari variabel likuiditas, solvabilitas dan aktifitas terhadap profitabilitas pada perusahaan perhotelan di Bursa Efek Indonesia.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perhotelan dan  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 22 perusahaan periode tahun 2007-2012. Seluruh perusahaan tersebut di lakukan pemilihan sample berdasarkan metode Purposive Sampling dan didapatkan sebanyak 11 sampel perusahaan yang memenuhi kriteria. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda yaitu menguji pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Likuiditas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas; 2) Solvabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas; 3) Aktivitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas dan 5) Secara simultan likuiditas, solvabilitas dan aktifitas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Profitabilitas menunjukkan keunggulan perusahaan dalam persaingan bisnis. Semakin tinggi tingkat profitabilitas maka kinerja perusahaan semakin baik. Kebijakan modal kerja sangat diperlukan untuk mencapai keunggulan persaingan tersebut sehingga para calon investor yang ingin berinvestasi pada perusahaan perhotelan di Bursa Efek Indonesia hendaknya memperhatikan variabel modal kerja terutama yang memberikan profitabilitas tinggi.

Kata kunci : likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.