PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KANTOR BPN KAB. KUBU RAYA

Sy. Ghazali B31112138

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediasi di kantor BPN Kab Kubu Raya.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa secara simultan variabel budaya organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap komitmen organisasi pada Kantor BPN Kab Kubu Raya. Secara parsial, orientasi terhadap tim dan stabilitas berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi, sedangkan inovasi dan pengambilan resiko, perhatian terhadap detail, orientasi terhadap hasil, orientasi terhadap tim dan agresivitas berpengaruh tidak signifikan terhadap komitmen organisasi. Dalam penelitian ini dijelaskan juga bahwa komitmen organisasi berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja pegawai.Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi komitmen organisasi pegawai, berdampak pada semakin rendahnya kinerja pegawai.Temuan penelitian ini membuktikan bahwa terjadinya peningkatan komitmen organisasi pegawai namun hal ini tidak berdampak pada peningkatan kinerja pegawai.Penelitian ini juga membuktikan bahwa pengaruh budaya organisasi tidak langsung terhadap kinerja pegawai, namun melalui komitmen organisasi.Komitmen organisasi terbukti berperan sebagai variabel yang memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai.

Kata Kunci :Budaya organisasi, Komitmen organisasi, Kinerjapegawai


Refbacks

  • There are currently no refbacks.