ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN ASOSIASI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS MEREK PADA LAPTOP MEREK ACER (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura Pontianak)

Hikmah Sari B31111152

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian serta dampaknya pada loyalitas konsumen pada laptop merek Acer (Studi pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura Pontianak), dimana penelitian mempersempit kajian variabel-variabel yang diteliti hanya pada variabel seperti kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, keputusan pembelian dan loyalitas merek. Objek penelitian ini adalah pengguna laptop merek Acer yang berada pada Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura Pontianak.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel lain. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebar kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis linear berganda yang dilakukan secara bertahap atau berjenjang dan tanggapan responden mengenai masing-masing variabel.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian laptop Acer. Selanjutnya secara parsial variabel kesadaran merek tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian laptop Acer adalah asosiasi merek, hal ini ditunjukan oleh koefisien regresi yang lebih besar dibandingkan dengan koefisien variabel persepsi kualitas, dan keputusan pembelian berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas merek. Namun hipotesis persepsi kualitas tetap diterima.

Kata Kunci: Kesadaran merek, Persepi kualitas, Asosiasi merek, Keputusan pembelian dan Loyalitas merek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.