ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS, PERPUTARAN MODAL KERJA DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI)

APRIANI B31109113

Abstract


Suatu perusahaan didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan agar dapat memberikan kemakmuran bagi pemilik atau para pemegang saham. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan itu, perusahaan selalu berusaha memaksimalkan labanya. Profitabilitas perusahaan manufaktur di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor-faktor keuangan yang dapat diukur menggunakan rasio keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah variabel-variabel seperti likuiditas (Current Ratio), perputaran modal kerja (Working Capital Turnover), dan leverage (Debt to Equity) memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur dengan menggunakan Return On Assest.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur (sektor industri barang konsumsi) yamng terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2012. Sampel dalam penelitian ini dipilih berdasarkan metode Sampel Bertujuan (Purposive Sample) dan diperoleh 13 perusahaan sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi liniern berganda.

Berdasarkan hasil dari uji t, pada variabel current ratio adalah sebesar 3,902 dengan tingkat signifikansi 0,50. Variabel likuiditas (Current Ratio) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas (Return On Assets). Pada variabel working capital turnover adalah sebesar 2,679 dengan tingkat signifikansi 0,000. Variabel perputaran modal kerja (working capital turnover) berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas (Return On Assets). Pada variabel leverage (debt to equity) adalah sebesar 3,486 dengan tingkat signifikansi 0,001. Variabel leverage (debt to equity) berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas (Return On Assets).Hasil uji F sebesar 18,288 dengan tingkat signifikansi 0,000 dapat disimpulkan bahwa variabel independen (likuiditas, perputaran modal kerja dan leverage) menunjukkan model riset sudah fit/sesuai dan baik. Nilai R square sebesar 0,504 menunjukkan bahwa 50,4 % ROA dapat dijelaskan oleh variabel-variabel tersebut diatas sedangkan sisanya sebesar 49,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam riset ini.

 

Kata kunci : Return On Assets, likuiditas (Current Ratio), perputaran modal kerja (Working Capital Turnover), leverage (Debt to Equity)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.