ANALISIS FAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA HOTEL KAPUAS PALACE PONTIANAK

Titi Erawati B31108018

Abstract


Hotel Kapuas Palace Pontianak merupakan salah satu hotel yang ada di Kota Pontianak yang kegiatan usahanya memberikan pelayanan dan jasa penyewan kamar. Untuk memberikan pelayanan yang prima dan berkualitas kepada para tamunya dibutuhkan karyawan yang memiliki motivasi kerja yang tinggi. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan dalam pembahasan ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan pada Hotel Kapuas Palace Pontianak.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif dengan bentuk penelitian survey dan objek penelitian seluruh karyawan Hotel Kapuas Palace Pontianak yang pada saat ini berjumlah 286 orang. Jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini dipilih berdasarkan teknik random sampling, yaitu teknik pengumpulan sampel acak dengan pertimbangan jabatan yang sudah dibagi dengan jumlah 40% dari setiap bagian karyawan yang bekerja pada Hotel Kapuas Palace Pontianak. Jadi, sampel yang digunakan sebanyak 115 orang yang terbagi dalam 10 bagian dalam perusahaan. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja keryawan, maka teknik analisis data menggunakan Analisis  Statistik  Deskriptif  sebagai alat analisisnya. Variabel yang diteliti terdiri dari gaji, lingkungan kerja, hubungan kerja, pengawasan, penghargaan/pujian serta pekerjaan itu sendiri.

Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hubungan kerja, pengawasan dan pekerjaan itu sendiri merupakan faktor-faktor yang sangat berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan. Hal ini ditunjukan dengan hubungan kerja antara atasan dan bawahan sangat baik dan komunikatif begitu juga hubungan antara sesama rekan kerja berjalan dengan harmonis dan kompak, perusahaan dalam melakukan pengawasan terhadap karyawannya tidak semena-mena sehingga karyawan merasa pekerjaannya selalu termonitor dan terkoreksi dengan cepat serta karyawan melaksanakan pekerjaan itu sendiri berdasarkan pada keahlian dan kemampuan dibidangnya sehingga dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan rasa tanggung jawab dan tanpa terkendala dengan pengetahuannya. Perusahaan juga harus memperhatikan bagaimana cara meningkatkan motivasi terhadap gaji yang dibayarkan terhadap karyawan serta memberikan penghargaan/ pujian kepada karyawan yang berprestasi agar karyawan merasa lebih loyal terhadap perusahaan.

 

 

Kata kunci : Motivasi kerja

Refbacks

  • There are currently no refbacks.