ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING DAN PENETAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA SMP TUNAS BANGSA PONTIANAK

Sumiyati B31108068

Abstract


Perusahaan yang bergerak dibidang pendidikan bukanlah perusahaan yang dalam jangka pendek berorientasi profit, dengan kata lain bahwa Sekolah Tunas Bangsa Pontianak sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pendidikan baru bisa mendapatkan keuntungan atau laba dalam jangka waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan perusahaan yang menghasilkan produk.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh Sekolah Tunas Bangsa Pontianak dan untuk mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapinya. Dengan kata lain, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keunggulan bersaing yang dimiliki oleh Sekolah Tunas Bangsa Pontianak dan penetapan strategi pemasaran yang akan digunakan disesuaikan dengan keunggulan bersaing yang dimilikinya tersebut.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan objek penelitian adalah Sekolah Tunas Bangsa Pontianak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan in-depth interview kepada pihak-pihak yang berkompeten dengan kuesioner sebagai panduan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Matriks Evaluasi Faktor Internal (EFI), Matriks Internal - External (IE), Matriks Threats-Opportunities-Weaknesses-Strengths (TOWS) dan Matriks ANSOFF.

Sekolah  Tunas Bangsa Pontianak disarankan agar dapat mengedepankan kekuatan dan meminimalisir kelemahan agar dapat memanfaatkan peluang dan ancaman yang ada. Disarankan juga agar guru dan karyawan Sekolah Tunas Bangsa Pontianak bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah siswa. Selain itu, guru dan karyawan Sekolah Tunas Bangsa Pontianak juga perlu diberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan agar mampu menjalankan tugasnya secara profesional dan juga perlu diberi tambahan pengetahuan agar semakin tanggap dan peduli untuk meningkatkan kinerjanya dan menyelesaikan keluhan konsumen. Untuk memfasilitasi peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, diharapkan pihak manajemen Sekolah Tunas Bangsa Pontianak bisa melakukan atau menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah luar negeri yang menjadi tujuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikannya.

 

Kata Kunci : Keunggulan Bersaing, Strategi Pemasaran

Refbacks

  • There are currently no refbacks.