ANALISIS ARUS KAS PADA PT. UNILEVER INDONESIA, Tbk
Abstract
Laporan arus kas sebagai salah satu komponen laporan keuangan memberikan informasi tentang arus kas masuk (cash in flow) dan arus kas keluar (cash out flow) atau setara kas perusahaan berdasarkan aktivitas operasi, investasi, maupun pendanaan selama periode akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis rasio arus kas, perbandingan analisis rasio arus kas, dan pengaruh profitabilitas terhadap arus kas pada PT Unilever Indonesia, Tbk untuk kurun waktu tahun 2007 sampai dengan tahun 2011. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan Rasio Arus Kas Operasi (AKO), Cakupan Kas terhadap Bunga (CKB), Cakupan Kas terhadap Hutang Lancar (CKHL), Pengeluaran Modal (PM), Total Hutang (TH), Cakupan Arus Dana (CAD), Rasio Kecukupan Arus Kas (KAK), Rasio efisiensi, dan Free Cash Flow (FCF). Berdasarkan hasil analisis arus kas yang dihasilkan PT. Unilever Indonesia, Tbk dari tahun 2007 sampai dengan 2011 ada yang terus mengalami kenaikan, ada yang sama, ada juga yang mengalami fluktuasi, dan ada yang menghasilkan nilai positif. Hal ini berarti kemampuan perusahaan dalam menyediakan kas dapat memenuhi kewajibannya dalam jangka 5 tahun mendatang, dapat menghasilkan kas melalui kegiatan operasi dan penjualannya, mampu meningkatkan pengembalian operasi terhadap aktivanya.
Kata kunci : Rasio Arus Kas Operasi (AKO), Rasio efisiensi, dan Free Cash Flow (FCF)
Abstract : Statements of cash flows as a component of the financial statements provide information about the cash inflows (cash in flow) and cash outflow (cash out flow) or a cash equivalent based company operating, investing and financing during the accounting period. The purpose of this study was to determine the cash flow ratio analysis, comparative analysis of the ratio of cash flow, profitability and cash flow effects of PT Unilever Indonesia, Tbk for the period of 2007 to 2011. The data was then analyzed using Operating Cash Flow Ratio (AKO), Cash for Interest Coverage (CKB), Debt Coverage Cash to Current (CKHL), Capital Expenditures (PM), Total Debt (TH), Flow Coverage Fund (CAD), Ratio Adequacy Cash Flow (KAK), efficiency ratio, and Free Cash Flow (FCF). Based on the analysis of the cash flow generated by PT. Unilever Indonesia, Tbk from 2007 to 2011 there has continued to increase, there is the same, there are also fluctuate, and there is a positive result. This means that the company's ability to provide cash to meet its obligations within the next 5 years, can generate cash through operations and sales, able to increase operating return on assets.
Keywords : Operating Cash Flow Ratio (AKO), efficiency ratio, and Free Cash Flow (FCF)
Refbacks
- There are currently no refbacks.