PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA BERORGANISASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Abstract
Prestasi belajar merupakan tingkat kemampuan individu dalam menerima, menolak dan menilai suatu informasi tertentu yang diperoleh dari proses belajar-mengajar sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah keaktifan mahasiswa berorganisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keaktifan mahasiswa berorganisasi terhadap prestasi beajar mahasiswa yang ada di fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.
Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang aktif berorganisasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Sampel yang digunakan adalah sampel kouta sebanyak 100 mahasiswa. instrumen yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keaktifan mahasiswa berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 4,6% terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Sedangkan 95,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.
Kata kunci : Keaktifan Mahasiswa Berorganisasi, Prestasi Belajar
DAFTAR PUSTAKAAhmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rhineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian : suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. hal.114.
Chaplin, J. P. (2002). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Grafindo Persada.
Dimyanti. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gie, T. L. (2002). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.
Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Kuncoro, M. (2011). Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Mudjiman, H. (2007). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Muhammad, A. (2007). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Pratiwi, S. S. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 54-62.
Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ratminto, & Atika, S. W. (2012). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka belajar.
Salim, A. (2012). Pengaruh Motivasi Organisasi Dan Keaktifan Berorgansasi Terhadap Prestasi Mahasiswa Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Silvia, S. (2004). Tuntutan Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pelangi Cendekia.
Siregar, E. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudjana, N. (2008). Tuntutan Penyusunan Karya Ilmiah Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Padang: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA, cv.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA,cv.
Sulaeman, A. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Mengikuti Organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran(HIMA ADP) Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNY. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 95-60.
Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. . Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Sutarto. (2006). Dasar-Dasar Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thobroni, M., & Mustafa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran (Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.