ANALISIS PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI ULANG (Studi Kasus Konsumen Laptop Merek ASUS di Kota Pontianak)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh nilai pelanggan, citra merek terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya pada minat beli ulang. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala likert, dengan menggunakan sampel 100 orang responden. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen laptop merek asus yang berdomisili di kota Pontianak yang sudah menggunakan laptop merek asus selama 6 bulan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan teknik analisis regresi jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang.
Kata kunci: nilai pelanggan, citra merek, kepuasan pelanggan, minat beli ulnag
DAFTAR PUSTAKA
Afhami, Moch Lutfi Salis, Suharyono, & Hidayat Kadarisman. (2016). Analisis pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya pada loyalitas pelanggan. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.
Andreani, Fransisca, Taniaji, Tan Lucy, dan Puspitasari, Ruth Natalia Made. (2012) The Impact od Brand Image, Customer Loyalty with Customer Satisfaction as A Mediator in Mcdonald’s. Faculty of Economics Petra Christian University, Surabaya.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik. (2015). Penduduk Kota Pontianak Hasil Supas 2015. Pontianak: BPS Kota Pontianak.
Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Fornell, Claes G., and William T. Robinson. 1993. Industrial organization and Customer Satisfaction Dissatisfaction. Journal of consumer research. 9 : 403-412
Garbarino, Ellen and Mark, S. Johnson, 1999. The Different Roles of Satisfaction, Trust and Commitment in Customer Relationship. Journal of Marketing.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Keller, Kevin L. (2008). Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity, 3rd ed. Prentice Hall Internasional Inc. New Jersey
Kotler, Philip and Gary Armstrong, (2012). Principles of Marketing. Fourteenth Edition. Prentice Hall Internasional Inc. New Jersey.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2006. Marketing management. Twelfth edition (12e), Pearson education International Prenctice Hall, Upper Saddler River, New Jersey.
Kotler,P dan Keller. 2009. manajemen pemasaran. Dialihbahasakan oleh: Bob Sabran. Jakarta : Erlangga
Kuncoro, Mudrajad .2009. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, Iwan, et al, 2007. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Produk Sakatonik Liver di Kota Semarang), Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, Volume 4, 20.
McDougall and Levesque. 2000. Costumer Satisfaction with service : putting perceived value into the equation. Journal of Services Marketing, Vol.14, N0.5. p.392 -410
Oceani, Sutopo, 2017. Analisis Pengaruh Citra Merek, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Tupperware di Magelang, Diponegoro Journal of Management.Volume 6, 1-13.
Rangkuti, Freddy, Analisis SWOT Tekhnik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008.
Saidani, Basrah & Samsul Arifin. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market. Fakultas Ekonomi Univertitas Negeri Jakarta.
Schnaars, S.P. 1991. Marketing Strategy : A Customer Driven Approach. New York : The Free Press.
Setyawan Anton A. 2007. “Peran kepercayaan pada merek dan kepuasan dalam menjelaskan loyalitas pada merek (studi empirik pada konsumen telepon seluler)”. Research paper.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandi, 1997. Strategi Pemasaran. Edisi 2 Yogyakarta : Aandi Offset.
Tjiptono,F .2011. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta : Andi.
Umar, Husein. 2003. Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka
Wilkie, William, L. 1994. Consumer Behavior. Third edition. John Wiley & Sons, Inc, USA.
Zeithaml, Valerie A & Mary Jo. Bitner, 2000. Service Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm, 2nd edition. McGraw Hill Companies Inc.
Refbacks
- There are currently no refbacks.