PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT

RUDIANA OKTANA.S B11107042

Abstract


Skripsi ini berjudul “Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat”. Adapun variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu motivasi yang terdiri dari 1) Faktor Hygiene (Gaji, Lingkungan Kerja, Hubungan Kerja, Supervisi, Kebijakan Instansi) 2) Faktor Motivator (Keberhasilan Pekerjaan, Pengakuan, Pekerjaan Itu Sendiri, Tanggung Jawab, Pengembangan) dan Kinerja (Kualitas, Kuantitas, Waktu, Efisiensi Biaya, Pengawasan, Dampak Antar Pribadi). Penelitian ini dilakukan atas Pegawai pada Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat. Adapun responden pada penelitian ini ditetapkan sebanyak 64 (enam puluh empat) orang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dan kausial asosiatif. Kemudian teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dengan melihat jawaban  responden melalui kuesioner, kemudian data dianalisis dengan program SPSS versi 16.0.

Hasil Penelitian yang telah dilakukan didapat bahwa berdasarkan pengujian secara parsial dan simultan, diketahui bahwa faktor-faktor motivasi yang terdiri dari faktor hygiene dan faktor motivator berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat.

 

Kata Kunci : Faktor Hygiene, Faktor Motivator, Kinerja Pegawai


Refbacks

  • There are currently no refbacks.