Pengaruh Store Atmosfer, Promosi Penjualan, dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Indomaret Sepakat 2 Ayani Kota Pontianak)

Mahfuz Suwanda B1021141105 Suwanda

Abstract


ABSTRAK

 

 

Pengaruh Store Atmosfer, Promosi Penjualan, dan Kelengkapan Produk  Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Indomaret Sepakat 2 Kota Pontianak)

 

Mahfuz Suwanda

Manajemen

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Store Atmosfer, Promosi Penjualan, dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembeliain di Indomaret Sepakat 2 Kota Pontianak. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang pernah berbelanja di Indomaret Sepakat 2 Kota Pontianak yang berada di Kota Pontianak dan khususnya masyarakat Sepakat 2 (A Yani). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan kriteria responden harus berusia diatas 17 tahun dan pernah berbelanja di Indomaret Sepakat 2 minimal 1 kali dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linear.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosfer tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan yang terakhir yaitu kelengkapan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemampuan ketiga variabel tersebut dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah 27,4% sedangkan sisanya sebesar 72,6% dijelaskan oleh faktor lain diluar model penelitian ini.

Kata Kunci: Store Atmosfer, Promosi Penjualan, Kelengkapan Produk, Keputusan Pembelian

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Indomaret.co.id.(2018).Website resmi Indomaret.(online).Tersedia: http://indomaret.co.id/.(31 maret 2018)

Tunjungsari, Fauzi dan Mawardi. (2016). Pengaruh Store Atmosfer (suasana Toko) Terhadap Emosi serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey Pembeli Pada Ria Djenekan Cafe dan Resto Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.30. No.1.

Tumbuan, Tommy dan Tumbuan. (2017). Pengaruh Store Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Para Konsumen yang Berbelanja di UD. CAHAYA LESTARI TATELI TIGA. Jurnal EMBA. Vol.5. No.3.

Sumarni, Titin.(2017).pengaruh store atmosfer, kualitas produk, harga dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada Cafe Oishii Ramen Pontianak). Skripsi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Sasongko, Singgih Priatmaji (2013). Pengaruh kualitas pelayanan, harga kompetitif, kelengkapan barang, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di swalayan Alfa Omega Baturetno, Wonogiri. Skripsi di fakultas ekonomika dan bisnis universitas diponogoro, Semarang.

Hariadi.(2012).Pengaruh produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk projector microvision. Jurnal ilmu dan Riset Manajemen. Vol.1. No.8.

Widagdo herry.(2011). Analisis pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan konsumen membeli komputer pada PT. XYZ Palembang. Jurnal ilmiah STIE MDP. Vol .1. No.1.

Weenas R.S Jackson.(2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bad Comforta. Jurnal EMBA. Vol .1. No.4.

Samomsir, Prayoga. (2015). Pengaruh persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk Enervon-C. Jurnal ilmiah Manajemen dan Bisnis. Volume 1, No 3, November 2015

Hayat, Fikri. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap kepuasan dan dampaknya pada kepercayaan serta loyalitas nasabah PT. Bank Negara Indonesia Tbk KC. Singkawang. Skripsi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Santoso, Imam.(2016). Peran kualitas produk dan layanan, harga dan atmosfer rumah makan cepat saji terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Jurnal manajemen teknologi. Vol.15. No.1

Nataia dan Mulyana. (2014). Pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Jurnal ilmiah manajemen kesatuan. Vol. 2. No. 2.

Harahap Dedy Ansari. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak Usu (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis Vol. 7. No. 3.

Hadi Sopan Sopian. (2015). Analisis pengaruh store atmosfer terhadap minat beli konsumen di indomaret kota mataram. Jurbal Magister Manajemen UNRAM.

Muhani, Syarifah.(2017). Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak di Kecamatan Pontianak Kota dan Pontianak Barat). Skripsi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Gomarketingstrategic.com.(2016). Pengertian supermarket,  jenis pasar swalayan, minimarket, midmarket, hypermarket.[online]. Tersedia :https://www.gomarketingstrategic.com/2016/06/pengertian-supermarket-jenis-pasar.html.[30 Maret 2018]

KalimantanBisnis.com.(2017). Kinerja Ritel : Penjualan semester I 2017 terbuktilesu.[online].Tersedia:http://kalimantan.bisnis.com/read/20170801/448/676635/kinerja-ritel-penjualan-semester-i2017-terbukti-lesu.[30 Maret 2018]

Raiby.com.(2017). Jumlah gerai minimarket Alfamart vs Indomaret tahun 2017.(online).Tersedia:http://raiby.com/blog/jumlah-gerai-minimarket-alfamart-vs-indomaret-2017.(30 Maret 2018)

Sugiyono.(2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sujarweni V Wiratna. (2014). Metodologi penelitian. Yogyakarta. Pustakabarupress.

Laksana Fajar.(2008). Manajemen Pemasaran. Jogja. Graha Ilmu.

Gitosudarmo Indriyo.(2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.

Ghozali Imam.(2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.