Pengaruh Sales Growth, Liquidity, Leverage dan Managerial Ownership Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016
Abstract
PENGARUH SALES GROWTH, LIQUIDITY, LEVERAGE DAN MANAGERIAL OWNERSHIP TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016
Oleh : Endah Meilianti
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Tanjungpura
ABSTRAK
Kebijakan dividen perusahaan tergambar pada rasio pembayaran dividen yaitu persentase laba yang dibagikan dalam bentuk dividen tunai. Pertimbangan mengenai dividend payout ratio sangat berkaitan dengan kinerja keuangan perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan akan menentukan besarnya dividen yang akan dibayarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang sales growth, liquidity, leverage dan managerial ownership terhadap dividend payout ratio. Variabel dependen yang digunakan adalah dividend payout ratio, sedangkan variabel independen adalah sales growth, current ratio, debt to equity ratio dan managerial ownership.
Populasi dalam penelitian ini yaitu industri barang konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini dengan jumlah 19 sampel perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales growth berpengaruh positif terhadap dividend payout ratio, dan current ratio, debt to equity ratio dan managerial ownership tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio. Hasil koefisien determinasi menunjukkan sebesar 64,52% yang artinya dividend payout ratio dipengaruhi oleh variabel sales growth, current ratio, leverage dan managerial ownership sebesar 64,52% dan sisanya sebesar 35,48% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Pertumbuhan Penjualan, Likuiditas, Hutang, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen
Refbacks
- There are currently no refbacks.