REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN DIVIDEN TUNAI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS KOMPAS 100)

Puji Sulistiowati B1022131043

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar terhadap pengumumandividen tunai pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Kompas 100. Reaksi pasar diukurdengan rata-rata return tidak normal dan rata-rata volume perdagangan saham (TVA).Penelitian ini menggunakan metode studi peristiwa dengan periode jendela selama 21hari. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan didapatkansampel sebanyak 48 perusahaan. Alat uji statistik yang digunakan adalah one sample t-test dan paired sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar merespon pengumumandividentunai dengan respon yang positif dan negatif. Saat perusahaanmengumumkandividen tunai, akan berpengaruh terhadap perubahan harga saham.Akan tetapi hasil uji beda rata-rata abnormal return periode sebelum dan sesudah peristiwa tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Begitu juga dengan hasil uji beda rata-rata trading volume activity tidak menunjukkan hasil yang signifikan.

Kata Kunci : Pengumuman dividen, Return Tidak Normal, Volume Perdagangan Saham, Studi Peristiwa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.