PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE DAN ACTIVITY RATIO TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PROPERTI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

JULIANTO GODJALI 31108138

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji Pengaruh Financial Leverage dan Activity Ratio terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hipotesispertama (Ha1) menyatakan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara financial leverage dengan profitabilitas. Hipotesis kedua (Ha2) menyatakan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara activity ratio dengan profitabilitas.

Penelitian ini didesain sebagai suatu studi empiris. Populasi penelitian ini meliputi perusahan property yang terdaftar di dalam Bursa Efek Indonesia. Ada 33 sampel yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Sampel tersebut telah terlebih dahulu diuji dengan uji asumsi klasik sebelum dapat dilakukan uji hipotesis. Hipotesis diuji melalui uji – t dan uji – F.

Hasil dari uji hipotesis dengan α=5% menunjukkan bahwa hanya salah satu hipotesis yang diterima yaitu hipotesis kedua. Financial leverage, yang melalui analisis regresi memiliki koefisien negative disimpulkan tidak memiliki pengaruh yang positif signifikan atas praktik manajemen laba.

Nilai koefisien determinasi dari model regresi penelitian ini adalah 25%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 20% variable dependennya itu profitabilitas dapat dijelaskan oleh variable independen financial leverage dan activity ratio perusahaan, sedangkan 80% variable dependen dijelaskan olehfaktor lain yang tidak termasuk dalam model regresi.

 

Kata kunci  :    profitabilitas, financial leverage, activity ratio, ROE, debt ratio, TATO

Refbacks

  • There are currently no refbacks.