Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas dan Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas Merek Hp Blackberry di Kota Pontianak

Feriyadi B31108142

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin ketatnya persaingan di Indoensia dan munculnya berbagai merek baru di pasar produk handphone. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap ekuitas merek pada produk handphone Blackberry di Kota Pontianak. Metode penelitian ini adalah survei. Sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek dan asosiasi merek mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap ekuitas merek. Hal ini bearti bahwa semakin tinggi kesadaran merek dan asosiasi merek maka akan membuat ekuitas merek menurun, sedangkan persepsi kualitas dan loyalitas merek mempunyai pengaruh signifikan terhadap ekuitas merek. Hal ini berarti semakin tinggi persepsi kualitas dan loyalitas merek maka berdampak pada semakin meningkatnya ekuitas merek secara keseluruhan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui keempat variabel memang layak untuk menguji variabel dependen ekuitas merek. Angka Adjusted R Square sebesar 0,604 menunjukkan bahwa 60,4%. Hal ini dapat diartikan sebesar 60,4% variabel ekuitas merek dipengaruhi oleh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Sedangkan 39,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Kata kunci: kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek dan ekuitas merek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.