PENGARUH LOCAL CONTENT ADS DAN KREADIBILITAS ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT BELI KONSUMEN DIKOTA PONTIANAK
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh local content ads dan kreadibilitas endorser terhadap brand image serta dampaknya pada minat beli konsumen di kota pontianak. Penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu local content ads dan kreadibilitas endorser, variabel intervening atau variabel mediasi yaitu brand image dan variabel dependen yaitu minat beli. Jenis penelitian yang digunakan merupakan eksplanatori dengan pendekatan kuntitatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan inteview atau wawancara dengan beberapa responden dan studi keperpustakaan (library reserch). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di kota pontianak dan pernah melihat iklan kukubima energi versi kalimantan di televisi, dengan responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik purosive sampling method dengan alat analisis yang digunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian ini pada analisis substruktur pertama menunjukan secara parsial variabel local content ads tidak berpengaruh segnifikan terhadap brand image kukubima energi, sedangkan variabel kreadibilitas endorser berpengaruh segnifikan terhadap brand image kukubima energi. Hasil analisis pada substruktur kedua menunjukan secara parsial variabel local content ads dan variabel kreadibilitas endorser tidak berpengaruh segnifikan terhadap minat beli konsumen di kota pontianak melalui variabel brand image kukubima energi, sedangkan variabel brand image berpengaruh segnifikan terhadap minat beli konsumen di kota pontianak. Variabel local content ads dan variabel kreadibilitas endorser pengaruh langsungnya terhadap brand image kukubima energi yaitu tidak segnifikan , sedangkan variabel brand image kukubima energi pengaruh langsungnya terhadap minat beli konsumen yaitu segnifikan sebasar 32,71%. Variabel local content ads pengaruh tidak langsungnya terhadap minat beli konsumen di kota pontianak melalui variabel brand image kukubima energi yaitu tidak segnifikan, sedangkan variabel kreadibilitas endorser pengaruh tidak langsungnya terhadap minat beli konsumen di kota pontianak melalui variabel brand image kukubima energi yaitu segnifikan sebesar 35,00%.
Kata Kunci: Local Content Ads, Kreadibilitas Endorser, Brand Image, Minat Beli Konsumen
Refbacks
- There are currently no refbacks.