PENGARUH PROFITABILITAS DAN KESEMPATAN INVESTASI TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN LIKUIDITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

SUCIANI BARKATINI B11112019 admin

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara simultan maupun parsial pengaruh profitabilitas dan kesempatan investasi terhadap kebijakan dividen dengan likuiditas sebagai variabel moderasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2011-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan terpilih 21 perusahaan sebagai sampel, sedangkan teknik analisis menggunakan analisis Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model regresi penelitian ini tidak terdapat gejala heteroskedastistas, dan autokorelasi serta data yang digunakan berdistribusi normal. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan dengan menggunakan uji Analysis of Varians (ANOVA) atau uji F, diperoleh nilai F hitung sebesar 8,383 dengan tingkat signifikan 0,000. Berdasarkan uji F tersebut, maka dapat dijelaskan bahwa variabel atau model yang digunakan yaitu profitabilitas, kesempatan investasi dan likuiditas secara simultan berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen.

 

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profitabilitas berpengaruh positif, namun tidak signifikan tehadap Kebijakan Dividen. (2) Kesempatan Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Semakin tinggi kesempatan investasi, maka semakin tinggi nilai dividen yang dibagikan. (3) Moderasi dari likuiditas dan profitabilitas (ROI_CR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan tehadap Kebijakan Dividen. (4) Moderasi dari likuiditas dan kesempatan investasi (PER_CR) berpengaruh positif namun tidak signifikan tehadap Kebijakan Dividen. (5) variabel likuiditas termasuk dalam kriteria bukan moderator karena dalam uji regresi tidak terdapat signifikan dalam memoderasi hubungan profitabilitas dan kesempatan investasi terhadap kebijakan dividen.

 

Kata Kunci : Profitabilitas, Kesempatan Investasi, Likuiditas, Kebijakan Dividen, Moderated Regression Analysis (MRA)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.