ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SURAT KABAR HARIAN PONTIANAK POST DI PONTIANAK
Abstract
Pontianak Post salah satu perusahaan surat kabar terbesar di Kalimantan Barat.Surat Kabar Harian Pontianak Post saat ini menghadapi tantangan besar dalam lingkungan bisnisnya. Persaingan yang semakin ketat dengan media sejenis dalam merebut pangsa pasar pembaca surat kabar khususnya di daerah Kalimantan Barat terus berupaya menambah jumlah pelanggan dan pembaca surat kabarnya dengan memberikan kepuasan pelanggannya dengan atribut produk yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas produk, desain produk, harga, citra merek dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Surat Kabar Harian Pontianak Post. Metode penelitian ini adalah asosiatif. Teknik pengumpulan data: wawancara, kuesioner, observasi dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan tetap Surat Kabar Harian Pontianak Post yang berjumlah 23.917 orang pada tahun 2015. Jadi sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah pelanggan tetap Surat Kabar Harian Pontianak Post berjumlah 100 orang. Kriteria sampel adalah yang telah berlangganan lebih dari satu tahun sedangkan metode yang dipergunakan untuk penarikan sampel dengan teknik purposive sampling dan dianalisis secara kuantitatif.
Hasil penelitian sebagai berikut: Ada pengaruh kualitas produk, desain produk, citra merek dan pelayanan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Surat Kabar Harian Pontianak Post dan tidak ada terdapat pengaruh harga secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Surat Kabar Harian Pontianak Post.
Kata Kunci: Atribut produk, Kepuasan Pelanggan
Refbacks
- There are currently no refbacks.