PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PEMBELIAN ULANG DI PONDOK FPM PONTIANAK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan pembelian ulang pada konsumen Pondok FPM Pontianak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal. Pondok FPM merupakan sebuah rumah makan yang menyajikan makanan seperti nasi goreng, soto ayam, dan menu utamanya adalah bubur pedas. Sebagai tempat yang menawarkan jasa sangat memerlukan tingkat kualitas produk dan pelayanan yang baik, agar dapat menciptakan kepuasan pelanggan dan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian ulang.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian makanan dan minuman di Pondok FPM Pontianak. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan studi kepustakaan yang pengukurannya menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian yang ditarik berdasarkan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah Path analysis.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,273. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,648. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap pembelian ulang sebesar 0,319. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap pembelian ulang sebesar 0,247 dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap pembelian ulang sebesar 0,345.
Kata kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Pembelian Ulang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.