PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS PELANGGAN KAMERA CANON DIGITAL SINGLE LENS REFLEX (DSLR) (Studi Kasus Komunitas Pontianak Photografer Community)
Abstract
Pemahaman akan perilaku konsumen mutlak diperlukan apalagi pada saat sekarang ini perkembangan dari dunia fotografi yang begitu pesat dan cepat membuat intensitas persaingan yang semakin tinggi, sehingga pemasar harus membuat strategi baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi, salah satu usaha yang dilakukan Canon dalam memperbesar efek jaringannya adalah dengan cara memberikan perhatian dan support kepada komunitas Pontianak Photografer Community (PPC). Para anggota PPC memiliki loyalitas yang tinggi terhadap kamera Canon DSLR, karena kualitas produk itu sendiri dan merek yang sudah terbukti kecanggihannya dalam dunia photografer.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan, pengaruh. brand image terhadap kepuasan, pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas, pengaruh brand image terhadap loyalitas dan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah kausal-asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, karena penelitian ini bermaksud menjelaskan variabel-variabel melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Sampel sebanyak 100 responden yang merupakan anggota PPC dengan menggunakan teknik Purposive. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel kepuasan, variabel brand image berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan, variabel kualitas produk berpengaruh langsung dan signifikan terhadap loyalitas, variabel brand image berpengaruh langsung dan signifikan terhadap loyalitas. Dengan demikian, sebaiknya perusahaan pemasar Camera DSLR Canon terus meningkatkan kualitas produk dan brand imagenya agar pelanggan tetap percaya pada produk Camera Canon dan terus menjadi pelanggan setia dan dapat terus memberikan kepuasan terhadap pelanggannya.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Brand Image, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan
Refbacks
- There are currently no refbacks.