Analisis Produk, Harga, Lokasi, Pelayanan, Citra Toko terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Minimarket Indomaret dan Happymart Jalan Danau Sentarum Pontianak).
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan persepsi Produk, Harga, Lokasi, Pelayanan dan Citra Toko terhadap Keputusan Pembelian pada Indomaret dan Happymart .
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar jalan Danau sentarum. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang terbagi 50 responden Indomaret dan 50 responden Happymart. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling, dengan metode accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji beda Mann-Whitney.
Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa Produk, Harga, Lokasi, Pelayanan dan Citra Toko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Indomaret dan Happymart dengan tingkat signifikansi α = 5%, sedangkan pada uji Mann-Whitney tidak terdapat perbedaan persepsi Produk, Harga, Lokasi, Pelayanan dan Citra Toko pada Indomaret dan Happymart. Hal ini dikarenakan baik Indomaret maupun Happymart keduanya berhasil memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Kata Kunci : Produk, Harga, Lokasi, Pelayanan, Citra Toko dan Keputusan Pembelian
Refbacks
- There are currently no refbacks.